Prinsip-prinsip Aktivitas Dalam Belajar

Prinsip-prinsip Aktivitas Belajar
Prinsip-prinsip aktivitas dalam belajar dalam hal ini akan dilihat dari sudut pandang perkembangan konsep jiwa menurut ilmu jiwa. Dengan melihat unsur kejiwaan seseorang subyek belajar didik, dapatlah diketahui bagaimana prinsip aktivitas yang terjadi dalam belajar itu. Karena diloihat dari sudut pandang ilmu jiwa, maka sudah barang tentu yang menjadi fokus perhatian adalah komponen manusiawi yang melakukan aktivitas dalam belajar mengajar, yakni siswa dan guru.
Menurut Sardiman A.M, bahwa prinsip-prinsip aktivitas dalam belajar adalah
1.    Menurut pandangan ilmu jiwa lama
John Locke dengan konsepnya tabularasa, mengibaratkan jiwa seseorang bagaikan kertas putih tang tidak tertulis. Kertas putih ini kemudian akan mendapatkan coretan atau tulisan dari luar. Terserah kepada unsur dari luar bagaimana ia akan menulis, mau ditulisi merah atau hijau. Siswa diibaratkan oleh kertas putih sedangkan yang akan menulis adalah guru.
Jadi jelas bahwa dalam proses belajar mengajar guru akan senangtiasa mendominasi kegiatan. Siswa terlalu fasif, sedangkan guru aktif dan segala inisiatif datang dari guru. Gurulah yang akan menentukan metode sedangkan siswa menerima saja. Aktivitas anak terutama terbatas pada mendengarkan, mencatat, menjawab pertanyaan bila guru memberikan pertanyaan.
2.    Menurut pandangan ilmu jiwa modern
Aliran ilmu jiwa yang tergolong modern akan menerjemahkan jiwa manusia sebagai sesuatu yang dinamis, memiliki potensi dan energi sendiri. Oleh karena itu secara alami anak didik itu bisa menjadi aktif, karena adanya motivasi dan didorong oleh bermacam-macam kebutuhan. Anak didik dipandang sebagai organisme yang mempunyai potensi untuk berkembang. Oleh sebab itu, tugas pendidik adalah membimbing dan menyediakan kondisi agar anak didik dapat mengembangkan bakat dan potensinya. Guru bertugas menyediakan bahan pelajaran, tetapi yang mengelola dan mencerna adalah para siswa sesuai dengan bakat, kemampuan dan latar belakang masing.masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prinsip-prinsip Aktivitas Dalam Belajar"

Post a Comment