Pengertian dan Prinsip-prinsip Kreativitas Siswa

Pengertian dan Prinsip-prinsip Kreativitas Siswa
Pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta atau daya cipta.
Menurut Mulyasa bahwa Prinsip-prinsip Kreativitas adalah
1. Kreativitas merupakan sesuatu yang penting dalam kegiatan sehari-hari. Hampir semua manusia berhubungan dengan proses kreativitas, yang dikembangkan melalui seni atau penemuan-penemuan yang baru. Gordon menekankan bahwa kreativitas merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan berlangsung sepanjang hayat.
2. Proses kreatif bukanlah sesuatu yang misterius. Hal tersebut dapat dideskripsikan dan mungkin membantu orang secara langsung untuk meningkatkan kreativitasnya. Secara tradisional, kreativitas dipandang sebagai sesuatu yang misterius. Bawaan sejak lahir yang bisa hilang setiap saat. Gordon yakin bahwa jika memahami landasan proses aktivitas, individu dapat belajar untuk menggunakan pemahamannya guna meningkatkan kreativitas dalam kehidupan dan pekerjaan baik secara pribadi maupun secara kelompok. Gordon memandang bahwa kreativitas didorong oleh kesadaran yang memberi petunjuk untuk mendeskripsikan dan menciptakan prosedur latihan yang dapat diterapkan di sekolah atau lingkungan lain.
3. Penemuan kreatif sama dalam semua bidang, baik dalam bidang seni, ilmu, maupun dalam rekayasa. Selain itu, penemuan kreatif ditandai oleh beberapa proses intelektual. Ide ini bertentangan dengan keyakinan umum, yang memandang kreativitas terbatas dalam bidang seni, padahal ilmu dan rekayasa juga merupakan penemuan manusia. Gordon menunjukkan adanya hubungan antara perkembangan berpikir dalam seni dan ilmu yang sangat erat.
4. Asumsi Gordon menunjukkan bahwa berpikir kreatif baik secara individu maupun secara kelompok adalah sama. Individu dan kelompok menurunkan ide-ide dan produk dalam berbagai hal. Hal ini akan menentang pandangan yang mengemukakan bahwa kreativitas adalah pengalaman pribadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Prinsip-prinsip Kreativitas Siswa"

Post a Comment