Kompetensi guru dan Tugas-tugas Guru

Kompetensi guru dan Tugas-tugas Guru
Kompetensi Seorang Guru
Pedidik dalam menjalankan tugasnya dituntut memiliki beberapa kompetensi guna menunjang kesuksesan tugas-tugasnya. Kompetensi yang dimiliki dapat berupa kompetensi keilmuan, fisik, sosial, dan juga etika-moral. Di antara sekian banyak tugas dan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, diantaranya:
a) Mengajarkan sesuai dengan kemampuannya, dalam arti guru harus memahami dan menguasai ilmu yang diajarkan serta peta konsep dan fungsinya agar tidak menyesatkan dan harus selalu belajar untuk mendalami ilmu.
b) Berprilaku rabbani, takwa dan taat kepada Allah.
c) Memiliki integritas moral sebagaimana rasul bersifat shidiq (jujur), amanah (memegang tugas dengan baik), tabligh (selalu menyampaikan informasi dan kebenaran), dan fathanah (cerdas dalam bersikap).
d) Mencintai dan bagga terhadap tugas-tugas keguruan dan melaksanakannya dengan penuh gembira, kasih-sayang, tenang dan sabar.
e) Memiliki perhatian yang cukup dan adil terhadap individualitas dan kolektivitas peserta didik.
f) Sehat rohani, dewasa, menjaga kemuliaan diri, humanis, berwibawa, dan penuh keteladanan.
g) Menjalin komunikasi yang harmonis dan rasional dengan peserta didik dan masyarakat.
h) Menguasai perencanaan, metode, dan strategi menjagar dan juga mampu melakukan pengelolaan kelas dengan baik.
i) Menguasai perkembangan fisik dan psikis peserta didik serta menghormatinya.
j) Melakukan promosi wacana dan pembentukan watak dan sikap keilmuan dan yang otonom
Tugas seorang guru
Adapun tugas seorang guru adalah
a) Sebagai pengajar yang bertugas merencanakan program pengajaran, melaksanakan program yang disusun, dan akhirnya dengan pelaksanaan penilaian setelah program tersebut dilaksanakan.
b) Sebagai pendidik yang mengarahkan peserta didik pada tingkat kedewasaan kepribadian sempurna, seiring dengan tujuan penciptaannya.
c) Sebagai pemimpin yang memimpin, mengendalikan diri baik diri sendiri, peserta didik, maupun masyarakat, upaya pengarahan, pengawasan, pengorganisasian, pengontrolan, dan partisipasi atas program yang dilakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompetensi guru dan Tugas-tugas Guru"

Post a Comment