Kesalahan-kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Guru Saat Mengajar

Kesalahan-kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Guru Saat Mengajar
Patut untuk diakui, tidak ada manusia yang tidak pernah berbuat kesalahan dalam menjalankan profesi apapun, termasuk berprofesi sebagai guru. Namun, dengan mengenali dan memahami berbagai kesalahan paling fatal yang dilakukan oleh guru, menurut Masykur Arif Rahman, mengatakan bahwa ada beberapa kesalahan guru yang sering terjadi di dalam kelas di antaranya sebagai berikut:
  1. Duduk di Atas Meja Ketika Mengajar. Kita ketahui bahwa guru adalah teladan bagi siswanya. Jika seorang guru tidak menjalankan yang paling mendasar ini maka seorang mengurangi profesionalitas dan keefektifan dalam proses belajar mengajar. Bahwa seorang guru yang duduk di atas meja ketika mengajar, baik duduk di atas meja guru, apalagi duduk di atas meja murid, dapat disimpulkan sebagai tingkah laku yang tidak baik. Sebab tindakan itu memberikan contoh untuk menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya.
  2. Mengajar Sambil Merokok. Guru yang merokok saat mengajar, selain mengganggu konsentrasi dan kesehatan muridnya, juga membuat muridnya berani menjelek-jelekkan gurunya meskipun itu diungkapkan di dalam hatinya. Lebih jauh kasih sayang guru terhadap muridnya dan kasih sayang murid terhadap gurunya akan terputus akibat ulah guru yang merokok saat mengajar.
  3. Mengajar Sambil Bermain Handphone. Guru yang memainkan HP saat mengajar merupakan contoh orang yang menggunakan teknologi berupa HP di tempat dan waktu yang tidak tepat, kecuali HP digunakan oleh guru berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar. Sebab saat ini, HP tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi, melainkan juga banyak mengandung aplikasi, seperti kalkulator. 
  4. Tidur Saat Mengajar. Guru yang makan ketika mengajar tak ubahnya mempertontonkan kerakusannya kepada orang lain. Padahal yang ada dihadapan guru adalah murid yang mudah terpengaruh untuk mengikuti tingkah laku gurunya.
  5. Sering Bolos. Guru yang bolos tanpa ada alasan yang kuat sebaiknya diberi sanksi gaji ditahan atau jangan dicairkan. Gaji guru jelas dicairkan bagi guru yang aktif mengajar. Guru yang bolos mengajar sama halnya dengan korupsi atau makan uang gaji buta. Guru seperti ini telah memberikan keteladanan yang tidak baik kepada muridnya.
  6. Melakukan Pelecehan Seksual. Guru yang melakukan pelecehan seksual tentu saja telah melakukan kesalahan yang cukup fatal karena merusak nama baik dunia pendidikan sekaligus merusak harkat dan martabat seorang guru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesalahan-kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Guru Saat Mengajar"

Post a Comment