Jenis-jenis Metode Pembelajaran

Jenis-jenis Metode Pembelajaran
Proses pembelajaran yang baik hendaknya menggunakan metode secara bergantian atau saling bahu membahu satu sama lain sesuai dengan situasi dan kondisi. Masing-masing metode ada kelebihan dan kekurangannya. Tugas guru adalah memilih di antara ragam metode yang tepat untuk menciptakan suatu iklim pembelajaran yang kondusif. Ketepatan penggunaan tersebut sangat bergantung pada tujuan pembelajaran. Ditinjau dari segi penerapannya, metode-metode pembelajaran ada yang tepat digunakan untuk siswa dalam jumlah yang besar dan ada yang tepat untuk siswa dalam jumlah yang kecil. Di bawah ini akan diuraikan secara singkat metode-metode pembelajaran yang sampai saat ini masih banyak digunakan dalam proses pembelajaran.
  1. Metode Ceramah. Dalam metode ceramah ini murid duduk, melihat dan mendengarkan serta percaya bahwa apa yang diceramahkan guru itu adalah benar. Murid mengutip ikhtisar ceramah semampu murid itu sendiri dan menghafal tanpa ada penyelidikan lebih lanjut oleh guru yang bersangkutan.
  2. Metode Eksperimen. Metode ini biasanya dilakukan dalam suatu pelajaran tertentu seperti ilmu kalam, ilmu kimia, dan sejenisnya. Biasanya digunakan terhadap ilmu-ilmu alam yang di dalam penelitiannya menggunakan metode yang sifatnya obyaktif, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas maupun di dalam suatu laboratorium.
  3. Metode Demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang menggunakan peraga untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan suatu kepada anak didik.
  4. Metode Pemberian Tugas. Yang dimaksud dalam metode ini adalah suatu cara dalam proses pembelajaran bilamana guru memberi tugas tertentu dan murid mengerjakannya, kemudian tugas tersebut dipertanggungjawabkan kepada guru.
  5. Metode Sosio Drama. Metode sosio drama dapat dikatakan sama artinya. Dan dalam pemakaiannya sering disilihgantikan. Sosiodrama pada dasarnya mendramatisasi tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial.
  6. Metode Kerja Kelompok. Apabila guru dalam menghadapi anak didik di kelas merasa perlu membagi-bagi anak didik dalam kelompok-kelompok untuk memecahkan suatu masalah atau untuk menyerahkan suatu pekerjaan yang perlu dikerjakan bersama-sama, maka car tersebut dinamakan metode kerja kelompok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-jenis Metode Pembelajaran"

Post a Comment