Pengertian dan Aspek-aspek Minat Belajar

Pengertian dan Aspek-aspek Minat Belajar
Minat merupakan suatu sumber yang sangat menentukan dalam semua pekerjaan. Jika suatu pekerjaan tidak dibarengi dengan minat yang tinggi maka pekerjaan tersebut tentu tidak akan membawa suatu hasil yang maksimal, sebab apapun bentuk dari pekerjaan yang diiringi perasaan gembira dalam mengerjakannya akan menimbulkan perasaan ringan, tekun dan kepuasan jiwa dan hilang perasaan jenuh.
    Menurut Elizabeth B. Hurlock, minat adalah sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih. Bila mereka melihat bahwa sesuatu akan menguntungkan, mereka berminat. Ini kemudian mendatangkan kepuasan. Bila kepuasan berkurang, minat pun berkurang .
Adapun aspek-aspek minat sebagai berikut:
1) Aspek kognitif
Aspek kognitif didasarkan atas konsep yang dikembangkan anak mengenai bidang yang berkaitan dengan minat. Misalnya, aspek kognitif dari minta anak terhadap sekolah. Bila mereka menganggap sekolah sebagai tempat mereka dapat belajar tentang hal-hal yang telah menimbulkan rasa ingin tahu mereka dan tempat mereka akan mendapat kesempatan untuk bergaul dengan teman sebaya yang tidak didapat dimasa prasekolah. Minat mereka terhadap sekolah akan sangat berbeda dibandingkan bila minat itu didasarkan atas konsep sekolah dan kerja keras untuk menghafal pelajaran. Konsep yang membangun aspek kognitif minat didasarkan atas pengalaman pribadidan apa yang dipelajari di rumah, di sekolah, dan di masyarakat, serta dari berbagai jenis media massa. Dari sumber tersebut anak belajar apa saja yang akan memuaskan kebutuhan mereka.
2) Aspek afektif
Aspek afektif atau bobot emosional konsep yang membangun aspek kognitif minat dinyatakan dalam sikap terhadap kegiatan yang ditimbulkan minat. Seperti halnya aspek kognitif, aspek afektif berkembang dari pengalaman pribadi, dari sikap orang yang penting yaitu orang tua, guru, dan teman sebaya terhadap kegiatan yang berkaitan dengan minat tersebut, dan dari sikap yang dinyatakan atau tersirat dalam berbagai bentuk media massa terhadap kegiatan itu. Sebagai contoh anak yang mempunyai hubungan yang menyenangkan dengan para guru, biasanya mengembangkan sikap yang positif terhadap sekolah .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Aspek-aspek Minat Belajar"

Post a Comment