Manfaat dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca

Manfaat dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Manfaat Membaca
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut masyarakat yang gemar belajar. Proses belajar yang efektif antara lain dilakukan melalui membaca. Masyarakat yang gemar membaca memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan kecerdasannya sehingga mereka lebih mampu menjawab tantangan hidup pada masa-masa mendatang.
Membaca semakin penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca. Tanda-tanda jalan mengarahkan orang yang bepergian sampai pada tujuannya, memberitahukan pengemudi mengenai bahaya di jalan, dan mengingatkan aturan-aturan lalu lintas.
Menurut Masri Sareb Putra bahwa manfaat membaca seseorang akan memiliki keunggulan komparatif dibanding orang yang tidak membaca. Selain itu, dengan membaca orang lebih terbuka cakrawala pemikirannya. Melalui bacaan, seseorang berkesempatan melakukan refleksi dan meditasi, sehingga budaya baca lebih terarah kepada budaya intelektual daripada budaya hiburan yang dangkal. Karena itu para pakar menyimpulkan, untuk membangun masyarakat yang beradab dan maju, maka budaya baca perlu ditumbuhkan.
Banyak manfaat membaca, berikut kesaksian dan pengalaman beberapa tokoh lintas bangsa dan lintas waktu. Masing-masing memberikan tekanan, betapa membaca menjadi keharusan untuk membangun yang lebih beradab, tapi juga keunggulan bersaing di berbagai bidang.

Faktor- faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca adalah
  • Faktor fisiologis
Faktor fisiologis mengcakup kesehatan fisik dan jenis kelamin. Kelelahan juga merupakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi anak untuk belajar, khususnya belajar membaca. Gangguan pada alat indra bicara, alat pendengaran, dan alat penglihatan bisa memperlambat kemajuan belajar membaca anak.
  • Faktor intelektual
Secara umum ada hubungan positif antara kecerdasan yang diindikasikan oleh IQ dengan rata-rata peningkatan remedial membaca. Intelegensi anak tidak sepenuhnya mempengaruhi berhasil atau tidaknya anak dalam membaca permulaan. Faktor metode mengajar guru, produser, dan kemampuan guru juga turut mempengaruhi kemampuan membaca anak.
  • Faktor lingkungan
Faktor lingkungan juga memberikan pengaruh kemajuan kemampuan membaca. Faktor lingkungan itu mengcakup: latar belakang dan pengalaman, sosial ekonomi keluarga.
  • Faktor fsikologis
Faktor psikologis dapat memberikan pengaruh kemampuan membaca yang mengcakup: motivasi, minat, kematangan sosial, emosi dan penyusuaian diri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca"

Post a Comment