Cara Membangkitkan Minat Siswa

Cara Membangkitkan Minat Siswa Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Anak didik yang berminat terhadap suatu mata pelajaran akan mempelajari dengan sungguh-sungguh, karena ada daya tarik baginya. Anak didik mudah menghafal pelajaran yang menarik minatnya. Proses belajar akan berjalan dengan lancar bila disertai dengan minat. Minat merupakan alat motivasi yang utama yang dapat membangkitkan semangat belajar anak didik dalam rintangan waktu tertentu. Oleh karena itu, guru perlu membangkitkan minat anak didik agar pelajaran yang diberikan mudah anak didik dipahami. Ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan minat anak didik sebagai berikut:
  • Membandingkan adanya suatu kebutuhan pada diri anak didik, sehingga dia rela belajar.
  • Menghubungkan bahan pelajaran yang diberikan dengan persoalan pengalaman yang dimiliki anak didik, sehingga anak didik mudah menerima bahan pelajaran.
  • Memberikan kesempatan kepada anak didik untuk mendapatkan hasil belajar yang baik dengan cara menyediakan lingkungan belajar yang kreatif dan kondusif.
  • Menggunakan berbagai macam bentuk dan teknik mengajar dalam konteks perbedaan individual anak didik. Menurut Dalyono, minat dapat timbul karena daya tarik dari luar dan juga datang dari hati sanubari. Minat yang besar terhadap sesuatu merupakan modal yang besar artinya untuk mencapai atau memperoleh benda atau tujuan yang diminati itu. Timbulnya minat belajar disebabkan berbagai hal, antara lain karena keinginan yang kuat untuk menaikkan martabat atau memperoleh pekerjaan yang baik serta ingin hidup senang dan bahagia. Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah Menurut Sri Esti Wuryani Djiwandono, bahwa minat merupakan salah satu cara yang kelihatan logis untuk memberi semangat siswa selama pelajaran. Ini tidak selalu mudah, ada kalangan siswa harus menguasai mata pelajaran dasar sedangkan siswa tidak berminat terhadap mata pelajaran tersebut. Minat siswa merupakan bagian dari metode mengajar. Jika seorang guru tahu apa yang diminati siswa, banyak tugas mengajar di kelas yang dapat dihubungkan dengan minat-minat siswa. Ada sejumlah cara untuk mengetahui minat siswa. Jalan yang paling langsung adalah menanyakan kepada siswa sendiri, bisa dengan angket, atau berbicara dengan mereka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membangkitkan Minat Siswa"

Post a Comment